Manfaat Buah dan Daun Cermai (Cermen)

Manfaat Buah dan Daun Cermai (Cermen). Cermai merupakan salah satu jenis pohon yang menghasilkan buah. Cermai dengan nama latin “Phyllanthus acidus”  biasanya sekali berbuah jumlahnya banyak. Didalam buah cermai terdapat biji yang cukup keras. Mungkin diantara kalian sudah pernah mencicipi buah yang satu ini. Rasanya pasti keasam-asaman kan? Yeps benar sekali. Buah cermai kebanyakan tumbuh di daerah kering dengan tinggi yang relatif sedang. Kalau di Desa Seraya (Tempat lahir saya) Cermai ini biasa disebut denga Cermen. Bukan permen ya hehe. Biasanya buah Cermen ini musiman jadi ada musim tertentu berbuahnya. Tanpa perlu panjag lebar nih, sesuai tema postingan kali ini Manfaat Buah dan Daun Cermai (Cermen) jadi saya akan mengulas mengenai manfaat cermai dari buah, daun sampai keakarnya. Silahkan dibaca seksama!!.

Buah Cermai atau Cermen

BUAH CERMAI
Sebelum mengulas lebih jauh mengenai Cermai, pertama kita ulas dulu mengenai buah cermai. Seperti pepatah mengatakan bahwa buah tidak jatuh jauh dari pohonnya hehe. Buah cermai berbentuk bulat kekuningan dengan rasa khas asam. Didalam buah cermai terdapat biji yang menyatu dengan daging buah cermai. Dilansir dari beberapa sumber bahwasanya ada beragam kandungan bermanfaat didalam buah cermai seperti Vitamin C, Kalsium dan zat besi, Flavanoid sebagai antioksidan serta kandungan lainnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi buah cermai. Berikut daftar manfaat yang wajib kalian tahu mengenai buah cermai.
(1).Baik untuk Kulit
Jangan dilihat dari ukuran yang kecil dan rasa yang masam, buah cermai ternyata baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit nih. Buah yang kaya akan kandungan Vitamin C ini bisa banget membuat kulit kalian semakin sehat, lembut dan menawan. Untuk yang jerawatan dan berminyak bisa banget mengkonsumsi buah cermai yang satu ini. Caranya? Gak ribet dan ruet cukup konsumsi buah cermai secara langsung dan lihat bagaimana manfaat yang akan didapatkan.
(2).Obat Asma
Dari beberapa riset yang dilakukan oleh ahli ternyata dalam buah cermai terdapat kandungan yang baik untuk mengobati penyakit asma. Rasa sesak nafas akibat asma tersebut perlahan akan berkurang dengan pengobatan herba buah cermai ini lho.
(3).Baik untuk Pencernaan
Selain baikj untuk kesehatan dan kecantikan kulit, Kandungan Vitamin C yang terkandung dalam buah cermai ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Misalnya masalah yang sering terjadi pada usus kita yaitu sembelit. Pas banget buah cermai menjadi salah satu alternative obat tradisional herbal yang bisa kalian pakai.
(4).Obat Pelangsing Murah dan Alami
Rasa asam pada buah cermai ini bisa berguna untuk menekan nafsu makan khususnyA buat para ladies nih yang ingin diet tapi dengan cara yang aman dan herbal. Disamping buah cermai ini memang baik untuk pencernaan jadi ladies bisa diet dengan sehat.
(5).Penguat Tulang
Yeps kandungan kalsium dan zat besi dalam buah cermai baik untuk kesehatan tulang kita lho. Jadi yang suka konsumsi buah cermai bisa nambah kekuatan tulang deh.
(6).Baik untuk Kekebalan Tubuh dan Pertumbuhan
Adanya kandungan zat Flavanoid dalam buah cermai kaya akan nutrisi untuk tubuh sebagai antioksidan. Dengan catatan tidak mengkonsumsi secara berlebihan sehingga tidak mengurangi manfaatnya.
(7).Campuran Rujak
Terlepas dari manfaat untuk kesehatan, buah cermai juga pas banget untuk dijadikan campuran rujak. Kalau di daearah saya di Desa Seraya khusunya Desa Seraya Timur nih buah cermai atau yang familiar disebut buah cermen ini sering dijadikan rujak. Caranya dengan menaruh cermai atau cermen di dalam wadah kemudian ditambahkan sedikit gula lalu kocok cermai dalam wadah sampai gula atau pemanis tercampur merata. Jadi dah rujak hehe…

DAUN CERMAI
Selain buah yang kaya akan manfaat, Bagian Cermai yang tak boleh dilewatkan adalah Daun Cermai. Daun cermai berwarna hijau dengan ukuran yang relative kecil. Tapi jangan salah yah sob didaalam daun cermai terdapat banyak kandungan seperti Flavanoid, Tanin, Karbohidrat, Saponin, dan Polifenol. Untuk lebih menambah pengetahuan kalian mengenai manfaat daun cermai berikut adalah daftar manfaat daun cermai yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber kesehatan.
(1).Menurunkan Tekanan Darah tinggi (hipertensi)
Dari hasil penelitian ahli dilansir bahwa dengan mengkonsumsi daun cermai baik secara langsung ataupun dengan pengolahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini pas banget untuk kalian yang tekanan darahnya tinggi agar tidak berbahaya bagi kesehatan.
(2).Obat Sariawan
Yang sering sariawan bisa banget nih. Kandugan vitamin C dalam daun cermai sangat baik untuk mengobati sariawan. Caranya sangat mudah kalian cukup menumbuk halus dan tempelkan pada bagian sariawan atau kalian juga bisa merebus daun cermai kemudian gunakan air rebusan daun cermai untuk mengobati sariawan.
(3).Pelangsing Badan yang murah dan aman
Banyak ladies yang pusing dan ribet jika harus diet demi menjaga tubuh agar tetap ramping dan menawan. Buat para ladies nih yah bisa rebus daun cermai atau cermen dan minumlah air rebusan daun cermai tersebut secara rutin maka kalian akan lihat sendiri berat badan kalian akan menurun secara perlahan tanpa adanya efek samping.
(4).Obat Jerawat alami
Buat yang wajahnya berminyak dan jerawatan sudah pernah coba obat herbal yang satu ini belum? Jika belum maka bisa banget menjadi salah satu alternatif. Caranya dengan menghaluskan (tumbuk) beberapai helai dau cermai sampai halus kemudian tambahkan madu dan mulailah oleskan ke wajah yang jerawatan sebagai masker. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
(5).Obat Herbal Batuk
Untuk mengobati batuk berdahak, ambillah daun cermai bagian pucuk secukupnya. Rebus daun tersebut kemudian tuangkan air rebusan ke dalam gelas. Diamkan sebentar dan minumlah maka perlahan batuk akan mereda.
(6).Mengobati Diabetes
Diabetes disebabkan Karena kadar gula darah yang tinggi didalamtubuh. Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh kita. Nah untuk yang menderita diabetes, daun cermai bisa menjadi solusi pengobatan alternatif nih.
(7).Obat Asma
Sama hal dengan buah cermai, daun cermai juga baik untuk mengobati penyakit asma. Caranya dengan minum air rebusan dari daun cermai.
(8).Obat Diare
Ada yang sering diare? Atau pencernaannya bermasalah? Jika itu yang sering kalian alami maka kalian bisa mencoba untuk minum air rebusan daun cermai. Itu bisa menghentikan masalah pada pencernaan kalian.
(9).Makanan Pelengkap
Di Desa Seraya sendiri daun cermai atau cermen ini sering dipakai sebagai bahan untuk soup. Rasanya yang enak dan bisa dikombinasikan dengan parutan kelapa.


AKAR CERMAI
Buah sudah. Daun juga sudah. Terakhir yang gak kalah manfaatnya adalah bagian akar cermai. Percaya gak akar cermai bisa menghasilkan manfaat? Yups di bagian akar cermai ini terdapat kandungan Asam galus, Saponin, Zat Samak, dan Toksik. Kandungan tersebut dapat digunakan untuk pengobatan seperti penyakit asma dan penyakit kulit dengan rebusan air dari akar cermai.

Nah itu dia ulasan lengkap mengenai Manfaat Buah dan Daun Cermai (Cermen). Dengan mengetahui beragam manfaat dari Cermai, semoga kita bisa lebih luas akan pengetahuan pengobatan herbal. Terutama obat-obatan yang tanpa kita sadari ada di sekitar lingkungan kita. Mari mulai dari sekarang kita belajar lebih banyak tentang beragam manfaat tumbuhan sekitar kita baik yang berbuah ataupun tidak sehingga kedepan obat-obat herbal atau tradisional tidak punah dimakan zaman seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.
"Jika mengcopy-paste artikel mohon sertakan link aslinya".

Terima kasih sudah berkunjung....

Manfaat Buah dan daun Cermai (Cermen), Manfaat cermen, Kandungan Cermai, Buah Cermai, Daun Cermai, Manfaat Daun Cermai terlengkap, Manfaat Buah Cermai terlengkap. Obatan herbal cermai. Khasiat Cermai. Cermen.

5 comments

  1. Nice informasinya.. kunjungi balik donk :)
    http://kapsulgamatemaswalatra.com

    ReplyDelete
  2. https://wayanwijana97.blogspot.com/2017/04/manfaat-buah-dan-daun-cermai-cermen.html

    ReplyDelete
  3. Oke.terimakasih atas informasinya,berarti aku harus merobohkan satu batang cermin untuk bisa mengambil semua manfaatnya,dari daun,buah,sampai akar๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  4. Muhammad Iman Nashriq, berumur 2tahun mengidap penyakit lelah atau asma sejak berumur 5bulan. Adik ni berulang alik ke hospital sejak umur 5bulan sebanyak 3minggu sekali untuk buat rawatan sehinggalah dia berumur 2tahun. Tapi tetap tak nampak apa2 perubahan makin sembuh ke atau makin baik,tetap sama saja. Ibu cuba memberi rawatan tradisional lain tapi tak ada juga perubahan, keadaan anaknya masih sama. Beliau bersyukur sangat apabila bertemu jus ni daripada seorang kawan, Iman tak perlu lagi dah pergi hospital buat rawatan. Batuk2 biasa ada tapi yang ketaranya Iman dah tak ada semput-semput dan sesak nafas macam dulu lagi. Kalau dulu 3kali sebulan kena pergi sedut gas, sekarang tak perlu lagi. Alhamdulillah.
    ..........................................................................
    Dan ramai lg psakit2 yg gunakan produk ni sembuh dari masalah lutut kronik,kanser dan lain2 yg guna produk jutawan herbs ni. Ini kenyataan bkn rekaan untuk melariskan produk semata2. Benda elok harus dikongsi agar sama2 dapat manfaat,okay.

    Nanti boleh hubungi En. Mohd Zuhairi dn pm sendiri testimoni2 td tu yer..๐Ÿ˜‰

    9)Jadi saya mintak pd sape2 yg ada sakit kanser x kisah lah kanser apa pon...Call atau terus wasap Pengasasnya sendiri okay๐Ÿ‘‡๐Ÿป
    En. Mohd Zuhairi - 017468 7570


    ๐Ÿ’Yg penting ubat nya MAMPU DIBELI dan mujarab..mudah mudahan aaminn..๐Ÿคฒ๐Ÿผ


    Call order wasap@call- En mohd zuhairi- 0174687570

    ๐Ÿ˜kalau wasap lambat balas(biasa nya sebab ramai yg wasap dia.)
    Tp nanti dia akn blas jugak yer..
    #sharepadayangmemerlukan
    #sharing is caring

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan positif dengan bahasa yang sopan dan no-spam