Tinjauan Komunikasi Karyawan- Selamat malam sahabat, kali ini saya mau berbagi artikel nih sesuai dengan tugas kuliah saya di salah satu kampus kesehatan swasta di Bali khususnya di bidang Profesi Administrasi rumah sakit. Selamat membaca!!
Apa itu Tinjauan?
Tinjauan adalah pemeriksaan yang teliti, penyelidikan, kegiatan pengumpulan data, pengolahan, analisa, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan
Pengertian Karyawan
Jika diartikan secara sederhana, karyawan
dapat diartikan sebagai setiap orang yang memberikan jasa kepada perusahaan
ataupun organisasi yang membutuhkan jasa tenaga kerja, yang mana dari jasa
tersebut, karyawan akan mendapatkan balas jasa berupa gaji dan kompensasi-kompensasi
lainnya.
PENTING
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Adapun pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi antara lain sebagai berikut:
a).Komunikasi mendatangkan efektifitas yang lebih besar.
b).Komunikasi
menempatkan menempatkan orang-orang pada tempat yang seharusnya.
c).Komunikasi membawa
orang-orang untuk terlibat dalam organisasi dan meningkatkan motivasi untuk
melibatkan kinerja yang baik dan meningkatkan komitmen terhadap
organisasi.
d).Komunikasi
menghasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara bawahan, kolega,
dan orang-orang di dalam dan di luar organisasi.
e.).Komunikasi menolong
orang-orang untuk mengerti perlunya perubahan.
f.).Komunikasi
meminimalkan permasalahan-permasalahan di dalam keorganisasian seperti konflik,
stress, demotifasi dan loyalitas.
Tinjauan Komunikasi Karyawan
A. Upward
comunication
Adalah komunikasi yang terjadi ketika bawahan mengirim pesan kepada atasannya.
Adalah komunikasi yang terjadi ketika bawahan mengirim pesan kepada atasannya.
<>Fungsi arus
komunikasi dari awah ke atas ini adalah:
::Penyampaian informasi tentang pekerjaan atau pun tugas yang sudah dilaksanakan.
::Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan atau pun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan.
::Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan.
::Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.
::Penyampaian informasi tentang pekerjaan atau pun tugas yang sudah dilaksanakan.
::Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan atau pun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan.
::Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan.
::Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.
<>Hambatan
1.-ketersediaan waktu atasan untuk para bawahan
2.para atasan yang terkadang tidak tertarik dengan masalah yang diterima oleh para bawahan,
3.kecenderungan atasan yang tertutup terhadap informasi
4.Perusahaan yang memaksa karyawannya menggunakan bahasa asing dalam berkomunikasi.
5.Keputusan hanya terpusat kepada otoritas teratas di dalam proses pengambilan keputusan
terkadang dapat membuat para bawahan menjadi tidak ingin untuk mengutarakan pemikiran dan
informasi yang mereka miliki kepada atasan serta dapat mengurangi tingkat inisiatif dari para
bawahan kepada para atasan
2.para atasan yang terkadang tidak tertarik dengan masalah yang diterima oleh para bawahan,
3.kecenderungan atasan yang tertutup terhadap informasi
4.Perusahaan yang memaksa karyawannya menggunakan bahasa asing dalam berkomunikasi.
5.Keputusan hanya terpusat kepada otoritas teratas di dalam proses pengambilan keputusan
terkadang dapat membuat para bawahan menjadi tidak ingin untuk mengutarakan pemikiran dan
informasi yang mereka miliki kepada atasan serta dapat mengurangi tingkat inisiatif dari para
bawahan kepada para atasan
B. Horizontal
comunication
Adalah tindak
komunikasi ini berlangsung diantara para karyawan atau pun bagian yang memiliki
kedudukan yang setara.
<>Fungsi arus
komunikasi horizontal ini adalah :
- -Memperbaiki koordinasi tugas
- -Upaya pemecahan masalah
- -Saling berbagi informasi
- -Upaya pemecahan konflik
- -Membina hubungan melalui kegiatan bersama
Mengatasi Hambatan Komunikasi
Internal
Menurut beberapa
narasumber, sebagian besar mengatakan bahwa faktor keterbukaan dan faktor hubungan
dapat berperan penting dalam proses komunikasi antara atasan dan bawahan serta
sebaliknya, ketika jajaran dalam lingkup internal kegiatan usaha atau
perusahaan dapat membina hubungan secara personal yang baik, maka akan
berdampak kepada adanya respon-respon positif dari atasan kepada abwahan,
ketersediaan dari para pekerja untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan organisasi,
ketersediaan untuk berbagi informasi, ketersediaan atasan untuk terbuka
mengenai informasi dan ketika sudah terbentuk faktor-faktor tersebut maka
proses komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah akan berjalan sangat efektif,
karena aliran informasi dapat terbuka tanpa adanya hambatan dari beberapa pihak
yang memiliki peranan penting dalam penyampaian informasi yang menyangkut kegiatan
usaha. Komunikasi efektif antara setiap jajaran dalam kegiatan usaha yaitu general manager, manager, staff ketika sudah terbina hubungan secara
personal akan berefek kepada kinerja dari para staff sendiri
serta berdampak kepada iklim perusahaan menjadi harmonis untuk dapat mencapai
tujuan yang diharapkan dari perusahaan.
Tinjauan Komunikasi Karyawan, Tugas Kuliah Komunikasi Karyawan, Pengertian Tinjauan Karyawan
Berkomentarlah dengan positif dengan bahasa yang sopan dan no-spam