Tugas Kuliah Teknik Membuat Iklan dengan Pemilihan Tema yang Tepat

Tugas Kuliah Teknik Membuat Iklan dengan Pemilihan Tema yang Tepat. Sesuai dengan tugas ujian akhir semester 1 saya di salah satu kampus Surya Academy Bali yaitu mata kuliah Komunikasi Bisnis, disini saya mau membahas mengenai Iklan. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan Iklan bukan? bisa sering kali kalian lihat di Televisi, di jalan raya dan tempat umum lainnya. 
Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi yang didalamnya berisi suatu pesan berupa ajakan, penawaran, memperkenalkan sesuatu yang sifatnya mempengaruhi dan mengajak pembaca atau pendengar untuk mengikuti apa yang ada dalam iklan tersebut. bentuknya bisa berupa tulisan, gambar dan tulisan, tayangan dan suara.
Berikut contoh iklan dalam bentuk brosur sesuai dnegan tugas ujian akhir mata kuliah Komunikasi Bisnis: 


Wijana97
Berikut penjelasan tentang konsep pembuatan iklan dalam brosur diatas:
Dalam pembuatan atau penyusunan iklan tersebut diatas, ada beberapa konsep yang saya coba aplikasikan, berikut penjelasannya :
1.      Jenis iklan : disini saya memilih jenis pengiklanan media cetak
2.      Sasaran(tujuan) : Sasaran yang hendak saya capai adalah semua kalangan pecinta fashion (khususnya kalangan usia muda) dimana disini saya menawarkan variasi harga yang medium dengan tambahan diskon sesuai dengan system pembelian.
3.      Desain Iklan : didalam pendesainan iklan ini, saya memakai kombinasi warna biru-hijau-putih yang menurut saya sesuai dengan produk yang saya iklankan. Berikut rinciannya :
a.      Judul (Headline): Wijana 97 Collections “Murah barangnya terjamin kualitasnya).
b.      Ilustrasi : disini saya menggunkan model pria tampan dengan gaya fashion yang up-date sehingga sesuai dengan produk yang saya iklankan
c.       Flash: maksudnya disini adalah saya membuat sebuah penekanan tentang iklan saya yaitu dengan membuat sebuah bentuk seperti kertas berwarna kuning  dimana didalamnya saya letakan informasi mengenai alamat, jadwal buka toko, dan nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau sekedar mencari informasi
d.      Banner : merupakan penempatan informasi yang mampu menjadi daya tarik audiens. Disini saya aplikasikan pada system ordernya yaitu “beli 1 15%, Beli 2 20%, Beli 4 25%, dan Beli 7 30%” itu varian potongan harga yang akan didapat customer apabila melakukan pembelian.

e.       Closer : pesan penutupnya yaitu kembali mengingatkan tentang produk yang saya tawarkan dengan tagline : belanja murah, ingat wijana97 Collections tempatnya.


Demikian postingan saya kali ini,
Semoga bermanfaat untuk para pembaca...



Berkomentarlah dengan positif dengan bahasa yang sopan dan no-spam