Lulus? Kuliah atau Kerja

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting untuk kita. Walaupun pendidikan itu sendiri tidak menjamin orang akan menjadi super sukses kedepannya. Tetapi kita juga perlu menyadari bahwasanya pendidikan itu sangat penting untuk membentuk karakter seseorang. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin tinggi pula kemampuan untuk menilai sesuatu hal.



Lalu kenapa harus sekolah tinggi-tinggi kalau itu semua tidak menjanjikan kita akan sukses?
Mungkin pertanyaan seperti itu pernah terbesit dalam benak kalian. Pertanyaan yang sederhana sekali namun bagi saya sendiri perlu pemahaman lebih agar bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan nalar yang baik. Pada dasarnya belajar tidak harus di sekolah, belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Tidak ada batasan usia untuk belajar asalkan ada keinginan dan kemauan yang tinggi dalam belajar. Salah satu lembaga formal untuk memfasilitasi pendidikan adalah sekolah baik itu dari tingkat dasar hingga ke tingkat universitas (perguruan tinggi).
Sekolah sebagai wadah orang untuk mengembangkan pengetahuan siswa. Banyak hal yang bisa kita pelajari di sekolah dimana pelajaran-pelajaran tersebut tidak bisa anda dapatkan dengan hanya belajar secara otodidak. Misalnya, sekarang saja kerja harus pakai ijazah kalau mau melamar pekerjaan di suatu perusahaan, dengan standar seperti itu berbagai kalangan dituntut untuk memiliki bukti tamat belajar sekolah sehingga proses penerimaan tenaga kerja bisa berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Memang benar sekali bahwasanya pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang akan sukses dimasa depan. Belum tentu orang yang tamatan sarjana akan lebih sukses disbanding dengan mereka yang hanya tamatan SMA. Jawaban sederhana dari pertanyaan diatas bisa kita umpamakan “sudah kuliah saja masih nganggur apa lagi kalau tidak kuliah” ini menunjukan bahwa suksesnya seseorang tidak tergantung pada status pendidikan, dan jika tidak berpendidikan tentu cari kerja juga akan susah kan.
Sekolah sebagai media dan wadah untuk kita menimba ilmu lebih banyak. Jangan selalu menuntut sukses dalam belajar tetapi kita juga harus berpikir bagaimana kita melewati proses dalam pendidikan dengan baik. Proses yang baik akan membawa diri menjadi seseorang yang lebih baik pula.
Lalu saya yang lulus SMA harus bagaimana?
Banyak diantara mereka yang baru saja lulus dari SMA (Sekolah Menengah Atas) seringkali bingung dengan pilihan hidupnya ketika sudah tamat. Untuk bisa menjawab semua itu cobalah untuk bertanya pada diri sendiri terutama minat dan kata hati. Apakah kalian ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi pendidikannya atau mungkin kalian memutuskan untuk berhenti sampai di titik ini dan mulai bekerja, semua itu ada pada keputusanmu.
Konsep seperti itu bisa kalian pakai untuk memilah apa yang menurut kalian terbaik. Dan cobalah untuk melihat sekitar kalian. Janganlah memaksakan kehendak, belajarlah untuk melihat kembali kodisi prekonomian keluarga kalian. Jikalau tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan, cobalah menerima dengan ihklas sembari mencari informasi mengenai beasiswa kuliah di berbagai sumber terpercaya.


Kesimpulannya: "Kuliah itu tidak berarti anda akan sukses, sukses ada ditanganmu, bagaimana kamu berjuang untuk hidupmu, bagaimana kamu membawa dirimu sendiri, dan sukses butuh usaha dan doa"

Semoga bermanfaat.

jika mengcopy paste artikel sertakan link aslinya.

Berkomentarlah dengan positif dengan bahasa yang sopan dan no-spam