Kapan LO Wisuda?


Kapan Lo Wisuda?
Hai gess yang syantik dan tamvan :v udah lama banget nih Ane gak nulis artikel lagi. Soalnya lagi sibuk kerja juga . Kali ini Ane mau ngulas sedikit isi hati Ane hehe.
Lulus merupakan impian semua orang yang sedang aktif kuliah alias jadi mahasiswa/wi. Yeps wisuda. Wisuda menjadi sesi akhir dari perkuliahan sih biasanya. Pastinya itu menjadi moment yang ditunggu-tunggu. Dimana saat wisuda kalian bisa ngajak orang tua kalian untuk melihat keberhasilan kalian dalam menyelesaikan perkuliahan, ajang foto-foto biar bisa post ke social media :v

Tapii….. ada tapinya nih, ada juga mahasiswa/wi yang laamaaa bangett gak wisuda-wisuda hehehe. Jadi mahasiswa tua tuh :v kayak Ane yang kuliah setahun (D1) malah lulusnya 2 tahun kemudian.
Menurut Ane ada beberapa hal yang menyebabkan seorang mahasiswa/wi itu gak lulus-lulus. Ini berdasarkan pengalamanku sendiri sih :v

1. Rasa Malas
Hal pertama yang sering banget bikin seorang mahsiswa/wi gak cepet wisuda adalah rasa malas. Yeps malas disini dalam artian ogah atau mengesampingkan pentingnya menyelesaikan laporan akhir atau sekripsi. Ane sendiri kadang males banget nyusun laporan akhir. Kadang udah semangat buka laptop yang niat awalnya pengen nyari materi dulu, eh malah nge-youtube :)
Ngilangin rasa males itu susah banget dah. Atau emang udah mumet duluan kayaknya otak ane hehe.

2. Terlanjur Sibuk dengan Pekerjaan
Bekerja merupakan impian semua orang ketika sudah menyelesaikan studynya. Namun kebanyakan dari mereka yang statusnya masih kuliah alias masih jadi mahasiswa/wi cenderung kurang bisa mengatur waktu antara kerja dengan kuliah. Ini Aku rasain sendiri sih, ketika dulu kuliah sambil bekerja. Banyak tugas-tugas kuliah yang mangkrak apalagi saat penyusunan laporan akhir, gua malah lebih menikmati pekerjaan gua hehe. Alahasil gua jarang bimbingan ke kampus, laporan ngadet jadinya gak lulus2 :v
Kadang kecapean juga menjadi kendala tersendiri. Belum lagi kerjaan kantor yang bermasalah, tambah puyeng dah tuh otak.

3. Kuliah bukan karena Passion
Point ini juga gak kalah penting gess. Kuliah dengan pilihan nurani sendiri itu beda banget dengan kuliah karena ngikut trend atau ngikut pilihan orang tua.
Ini akan berujuk pada keseriusan kalian dalam mengikuti semua proses selama perkuliahan.


Saranku sih kalau temen-temen yang masih kuliah, lebih baik focus dulu kuliahnya. Jangan berfikir untuk bekerja dulu dan jangan baper lihat temen yang tiap bulan gajihan :v. focus belajar, kejar prestasi biar nanti pas wisuda dapat IPK yang tinggi. Sekalian aja kan biasanya di kampus tuh ada beasiswa buat mahasiswa berprestasi atau aktif di dalam organisasi kampus, mayan tuh buat modal kuliah.

Karena nyatanya makin lama kuliah, makin rumit juga hidupmu :v . mana banyak yang nanyain lagi kapan wisuda :)

Tapi kalau kalian merasa mampu untuk menjalani itu ya gapapa sih sebenarnya. Kerjaan jalan, kuliah juga bisa selesai dengan baik. Itu sih sesuatu yang bagus menurut Ane.
Kemudian kalau udah namanya ngerjain tugas baik itu laporan atau sekripsi ya kalau bisa focus lah, jangan lakuin hal-hal yang bisa bikin mood kamu hilang. Kalau mau browsing nyari bahan metri ya focus pada titik itu jangan browsing yang lain-lain. Missal kamu malah buka situs bokep, situs-situs yang gak pentinglah.

So, kapan lo wisuda?Jawabannya kamu yang pilih sendiri, mau cepet ya kebuut laporan atau sekripsi. Begitupun sebaliknya. Semua masalah selalu ada solusi kok, intinya focus pada solusi bukan pada masalahnya saja. Oleh karena itu, buat kalian yang saat ini masih kuliah yang belum wisuda juga karena mangkarknya proyek laporan akhir dan sekripsi, Ayo selesaikan semuanya dengn baik. Kesempatan gak akan datang kedua kalinya.

~Salam mantan mahasiswa malas~

1 comment

Berkomentarlah dengan positif dengan bahasa yang sopan dan no-spam